Mengatasi Penyakit Snot (Sakit Mata) Pada Burung

Friday, December 25th 2015. | Tips Perawatan

Mengatasi Penyakit Snot (Sakit Mata) Pada Burung photoKicakuMengatasi Penyakit Snot (Sakit Mata) Pada Burung, Snot atau coryza disebabkan oleh bakteri Haemophillus gallinarum. Penyakit Snot dapat menyerang semua umur burung dan terutama menyerang anak burung, biasanya penyakit ini muncul akibat adanya perubahan musim dan banyak ditemukan di daerah tropis. Perubahan musim biasanya akan mempengaruhi kesehatan burung. Mortalitas atau Angka kematian yang ditimbulkan oleh penyakit ini mencapai 30%.

Cara penularan

Bakteri Haemophillus gallinarum hanya dapat bertahan diluar di induk semang tidak lebih dari lebih dari 12 jam. Penularan penyakit Snot atau coryza dapat melalui kontak langsung dengan burung yang sakit juga dapat melalui udara, debu, pakan, air minum dan peralatan yang digunakan.

Gejala klinis

Burung yang secara klinis telah terinfeksi menunjukkan gejala : pengeluaran cairan air mata, burung terlihat mengantuk dengan sayapnya turun atau menggantung, keluar lendir dari hidung bahkan muntah lendir, napsu makan menurun, burung mengorok dan sukar bernapas/nafas bunyi, pertumbuhan menjadi lambat.

Pengobatan Menggunakan Obat Snot (Tetes Mata)

Gunakan Obat khusus Snot untuk pengobatan dengan cara diteteskan ke air minum atau langsung ke mulut. Untuk mengurangi peradangan pada mata teteskan TEMA pada mata yang sakit/berair (Hati2 penggunaan obat mata untuk manusia bisa mengakibatkan katarak/kebutaan bila dosis terlalu banyak).

Demikian para pecinta kicau informasi tentang Mengatasi Penyakit Snot Pada Burung. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca Mengatasi Penyakit Snot Pada Burung. Simak terus Kicaku untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Terimakasih !!