Cara Untuk Menghilangkan Kutu Pada Burung

Wednesday, April 15th 2015. | Tips Perawatan

Kutu Pada BurungKicaku – Para kicau mania pasti pernah mengalami salah satu burung kicau kesayangan anda yang diserang kutu pada bulunya dan mengakibatkan infeksi kulit yang akan mengakibatkan burung jadi macet berbunyi serta berkelakuan gelisah sambil mencabuti bubu-bulunya sehingga bulu yang menjadi daya pikat sebagian besar orang itu menjadi rusak dan tampak kusam.

Apabila burung anda diserang kutu sangat berdampak pada tingkah lakunya, selain menghilangkan gacor pada burung juga berakibat burung akan mencabuti bulu-bulunya. Jika hal tersebut terjadi pada burung peliharaan anda pasti akan menghilagkan keindahan bulu burung menjadi rusak dan kurang indah untuk dilihat.

Berikut ini kicaku akan memberikan informasi tentang adanya kutu pada burung berupa penyebab adanya kutu dan cara mengobatinya.

Penyebab Adanya Kutu Pada Burung Peliharaan Anda

Penyebab yang sering terjadi bila ada kutu pada burung anda karena kondisi kandang atau sangkar yang kotor, keadaan kandang atau sangkar yang kurang bersih atau kotor akan menjadi tempat berkembang biak yang baik buat kutu. Anda harus sering membersihkan kandang atau sangkar untuk menghindari perkembangan kutu, bersingkan menggunakan desinfektan pada selurung kandang atau sangkar. Semprotan desinfektan berfungsi untuk mematikan berbagai jenis bakteri yang menempel pada kandang dan menjadi hal yang wajib agar burung terhindar dari serangan berbagai bakteri.

menghilangkan Kutu Pada Burung

Cara Untuk Mengobati Burung Yang Terkena Kutu

Cara mengobati Burung Yang Terkena Kutu harus dilakukan secara hati-hati, kondisi tubuh burung harus diperhatikan apakah benar-benar sehat atau tidak sehat. Apabila burung dalam keadaan kurang sehat atau sakit maka tidak disarankan untuk mengobati burung tersebut, karena obat anti kutu sebagaian besar mengandung insektisida akan membuat burung bertambah ngedrop jika sedang sakit.

Anda bisa mendapatkan obat anti kutu di toko burung, namun ada cara alami yang bisa anda gunakan yaitu menggunakan daun sirih karena cara yang satu ini tergolong lebih aman untuk burung sebab tidak mengandung bahan kimia. Cara membuatnya cukup merebus daun sirih 6 sampai 10 helai kedalam air sebanyak 1 L hingga matang yaitu ketika air berubah warna menjadi hijau gelap, tunggu hingga daun sirih dingin.

Air rebusan daun sirih tersebut yang digunakan untuk menghilangkan kutu yaitu dengan menyemprotkan hingga air menempel ke permukaan kulit burung, atau anda juga bisa menggunakan sikat gigi yang lembut oleskan air daun sirih ke burung dengan menggunakan sikat gigi. Cara ini lebih akan efektif karena kita bisa memastikan kulit burung benar-benar terkena air rebusan daun sirih.

Demikian para pecinta kicau informasi tentang Cara Untuk Menghilangkan Kutu Pada Burung. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca Cara Untuk Menghilangkan Kutu Pada Burung. simak juga informasi terkait terbaru tentang Tips Jitu Agar LoveBird Tidak Mencabuti Bulunya. Simak terus Kicaku untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Terimakasih !!