Cara Sukses Beternak Burung Puyuh

Monday, May 18th 2015. | Informasi

Burung Puyuh kicakuKicaku – Cara Sukses Beternak Burung Puyuh, Ternak serta Budidaya Puyuh. Puyuh adalah salah satu type hewan yang termasuk juga bangsa burung. Puyuh bisa digunakan telur nya untuk di mengkonsumsi. Saat ini keinginan telur puyuh di Indonesia sangatlah melimpah. Karenanya dapat disebutkan bila Ternak Puyuh adalah usaha yang menjanjikan . Apabila anda yaitu pemula yang mau terjun serta mengetahuidari mana mesti mengawali. Tersebut Penjelasan sedetailnya tentang Tips Langkah Beternak Puyuh Terlengkap Untuk Pemula.
Tips Langkah Beternak Puyuh Terlengkap Untuk Pemula

Persayaratan Tempat Burung Puyuh

  • Tempat jauh dr keramaian & pemukiman penduduk
  • Tempat memiliki kiat transportasi, terlebih jalur sapronak & jalur-jalur pemasaran
  • Tempat dipilih bebas dr wabah penyakit
  • Bukanlah adalah daerah kerap banjir
  • Adalah daerah yg senantiasa memperoleh aliran hawa yg baik. Tempat Yang Pas Untuk Budidaya Burung Puyuh

Pembuatan Kandang Burung Puyuh

Dalam system perkandangan yg butuh di perhatikan yaitu temperatur kandang yg ideal atau normal sekitar 20-25 derajat C ; kelembapan kandang sekitar 30-80% ; penerangan kandang pd siang hari cukup 25-40 watt, sedang malam hari 40-60 watt (hal semacam ini berlaku utk cuaca mendung/musim hujan). Tata letak kandang baiknya ditata supaya cahaya matahari pagi dapat masuk kedalam kandang. Jenis kandang puyuh ada 2 (dua) jenis yg umum diaplikasikan yakni system litter (lantai sekam) & system sangkar (batere). Ukuran kandang utk 1 m 2 dapat di isi 90-100 ekor anak puyuh, selanjuntnya jadi 60 ekor utk usia 10 hari hingga terlepas saat anakan. Paling akhir jadi 40 ekor/m 2 hingga saat bertelur. Adapun kandang yg umum dipakai dlm budidaya burung puyuh yaitu :

Kandang utk induk pembibitan

Kandang ini berpegaruh segera pada produktifitas & kekuatan meghasilkan telur yg berkwalitas. Besar atau ukuran kandang yg bakal dipakai mesti sesuai sama dgn jumlah puyuh yg bakal dipelihara. Idealnya satu ekor puyuh dewasamembutuhkan luas kandang 200 m2.
Kandang utk induk petelur

Kandang ini berperan sbg kandang utk induk pembibit. Kandang ini memiliki bentuk, ukuran, & kepentingan peralatan yg sama. Kepadatan kandang semakin besar namun dapat pula sama.

Kandang utk anak puyuh/usia stater (kandang indukan)

Kandang ini adalah kandang untuk anak puyuh pd usia starter, yakni mulai usia sehari hingga dgn dua hingga tiga minggu. Kandang ini berperan utk melindungi supaya anak puyuh yg masih tetap membutuhkan pemanasan itu terus terlindung & memperoleh panas yg sesuai sama dgn keperluan. Kandang ini butuh dilengkapi alat pemanas. Umumnya ukuran yg kerap dipakai yaitu lebar 100 cm, panjang 100 cm, tinggi 40 cm, & tinggi kaki 50 cm. (cukup berisi 90-100 ekor anak puyuh).
Kandang utk puyuh usia grower (3-6 minggu) & layer (lebih dr 6 minggu)

Bentuk, ukuran ataupun peralatannya sama dgn kandang utk induk petelur. Alas kandang umumnya berbentuk kawat ram. Kandang Burung Puyuh Yang Ideal

Penyediaan Bibit Telur Puyuh :

Penyediaan bibit adalah bagian yang utama dalam budidaya burung puyuh. Penentuan bibit burung puyuh sesuai dengan maksud pemeliharaan, ada 3 (tiga) jenis maksud pemeliharaan burung puyuh, yakni :

  • Untuk produksi telur mengkonsumsi, diambil bibit puyuh type ketam betina yang sehat atau bebas dari kerier penyakit.
  • Untuk produksi daging puyuh, diambil bibit puyuh jantan serta puyuh petelur afkiran.
  • Untuk pembibitan atau produksi telur tetas, diambil bibit puyuh betina yang baik produksi telurnya serta puyuh jantan yang sehat yang siap membuahi puyuh betina supaya bisa menanggung telur tetas yang baik.

Pemeliharaan Burung Puyuh :

  • Sesudah kita peroleh bibit yang baik, setelah itu yang butuh memperoleh perhatian yaitu pemeliharaan puyuh, mencakup :
  • Kebersihan/Sanitasi serta Aksi Preventif
  • Untuk melindungi munculnya penyakit pada pemeliharaan puyuh kebersihan lingkungan kandang serta vaksinasi pada puyuh butuh dikerjakan sedini mungkin saja.
  • Pengontrolan Penyakit
  • Pengontrolan penyakit dikerjakan setiap waktu serta jika ada sinyal tanda yang kurang sehat pada puyuh mesti selekasnya dikerjakan penyembuhan sesuai sama panduan dokter hewan atau dinas peternakan setempat atau panduan dari Poultry Shoup.

Pemberian Pakan :

Pemberian pakan adalah aspek yang utama dalam kesuksesan beternak burung puyuh dengan hasil yang optimal. Ransum (pakan) yang bisa diberikan untuk puyuh terbagi dalam sebagian bentuk, yakni : bentuk pallet, remah-remah serta tepung. Lantaran puyuh yang sukai usil memtuk rekannya bakal memiliki aktivitas dengan mematukmatuk pakannya. Pemberian ransum puyuh anakan diberikan 2 (dua) kali satu hari pagi serta siang. Sedang puyuh remaja/dewasa diberikan ransum cuma satu kali satu hari yakni pada pagi hari. Untuk pemberian minum pada anak puyuh pada bibitan diberikan terus-menerus.

Pemanenan Puyuh :

Bagian yang paling ditunggu oleh seseorang entrepreneur yaitu waktu pemanenan. Seperti sudah didisinggung di atas, terdapat banyak faedah yang bisa di ambil dari budidaya burung puyuh ini, yakni :

1. Hasil Utama

Pada usaha pemeliharaan puyuh petelur, sebagai hasil intinya yaitu produksi telurnya yang dipanen sehari-hari sepanjang masa produksi berjalan.

2. Hasil Tambahan

Sedang yang disebut hasil penambahan diantaranya berbentuk daging afkiran, tinja untuk pupuk kandang dan bulu puyuh juga sebagai bahan baku kerajinan tangan.