Cara Minjinakan Murai Batu Liar/Giras

Monday, August 17th 2015. | Tips Perawatan

Murai Batu medanKicaku Cara Minjinakan Murai Batu Liar/Giras, Selamat siang sahabat Kicaku, Kali ini kami akan memberikan informasi cara menjinakan murai batu yang liar/giras. Burung murai batu yang liar aau giras  akan sulit berkicau dari pada murai batu yang sudah jinak. Sebagian burung murai batu memang akan sulit menyesuaikan lingkunngan baru apabila dipindah kurungan yang berakibat burng akan menjadi liar dan giras.

Burung murai batu yang liar atau giras memang bisa disembuhkan, asalkna burung mendapatkan terapi yang baik dan tepat sehingga dapat kembali jinak dan berkicau lagi. Banyak sahabat kicaku yang mengharapkan burung murai batu jinak dan kembali berkicau. ( Baca Juga : Harga Burung Murai Batu Juli 2015)

Berikut Tips Cara Cara Minjinakan Murai Batu Liar,Giras :

  • Menempatkan sangkar Burung yang sudah dikerondong  menggunakan kain hitam di luar rumah atau teras rumah yang dilalui oleh penghuni rumah sampai 4 hari kedepan. Agar burung murai batu akrab dengan suasana tempat tinggalnya yang baru.
  • Selanjutnya yaitu pada tahap hari ke 5 buka kerondong hingga setegah bagian tapi teta diletakkan di tempat sangkar burung tahap sebelumnya.
  • Buka kerondong jika sudah berjalan waktu sekitar satu bulan, dan lihat hasilnya burung akan berkicau kembali.

Selama masa terapi Berikan makan secara benar dan teratur. Namun untuk tahap 1 porsi makan sedikit dikurangi agar burung full istirahat. Untuk selebihnya burung mendapatkan porsi makan yang sama seperti biasanya. Pada tahap kedua berikan jangkrik dengan tangan, jika burung mengambil jangkrik yang ada di tangan sambil menunjukkan gerak fisik seperti mengeleparkan sayap dan mulut (terbuka), maka hentikan pemberian EF langsung melalui tangan, cukup letakkan EF pada cepuknya saja. (Baca Juga : Jenis Gaya Burung Murai Batu Sumatera dan Borneo)

Lakukan Proses mandi sekitar pukul 7.00 – 10.00 wib selama 10 menit menggunakan semprotan dan diangin-anginkan selama 30 menit. Jika hal tersebut di lakukan dengan rutin, dalam waktu beberapa bulan saja burung murai batu sudah kembali jinak dan berkicau lagi.  ( Baca Juga : Tips Menjadikan Murai Batu Juara Lomba)

Demikian para pecinta kicau informasi tentang Cara Minjinakan Murai Batu Liar/Giras. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca tentang Cara Minjinakan Murai Batu Liar/Giras. Simak terus Kicaku untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Terimakasih !!